Cari Blog Ini

Sabtu, 20 Oktober 2012

Visual Kalkulator Mini

Visual Kalkulator Mini

Untuk  tugas kali pertama ini saya membuat aplikasi dengan nama "Berhitung". Berikut ini tampilan awal / utama dari aplikasi di atas,



untuk membuat tampilan seperti di atas anda cukup menulis list kode berikut,


setelah selesai, di dalam program ini,terdapat "angka pertama(Label1)" yang menggunakan TextBox, berikut tampilan TextBox yang saya isi dengan angka "20". dan terdapat pula "Operator(Label2)" yang menggunakan ComboBox, berikut tampilannya berupa tanda "+, -,  /, x, ^". serta terdapat "angka kedua(Label3)" yang menggunakan TextBox, berikut tampilan TextBox yang saya isi dengan angka "15". dan juga "=(Label4)" yang menggunakan Textbox. selain itu terdapat Button1(hitung), Button2(bersihkan), Button3(exit), seperti gambar di bawah ini .




listing nya seperti di bawah ini,


Setelah membuat listing di atas kita akan lanjut pada pembuatan listing untuk proses hitung
, disini saat kita menekan button hitung dengan listing yang ada maka akan keluar hasil dari hitungan tsb pada TextBox"=(Label4)",
listingnya sama seperti yang tadi di atas,


Setelah proses hitung berhasil saat semua Textbox akan direset(hapus) maka kita harus menekan button bersihkan , maka kita akan membuat listing, seperti dibawah, yang dimana button bersihkan saya beri nama button 3. Maka setelah kita tekan button bersihkan , semua text box akan kembali kosong,


kita lanjut ke button exit, pada listing untuk button ini saya beri nama button 2, seperti diatas, maka ketika aplikasi dijalankan dan tombol exit kita tekan ,akan keluar pesan "Yakin Mau Keluar ?" dan kita akan diberi 2 pilihan yakni Yes(keluar dari aplikasi)/No(tidak keluar).




Seperti itulah program kali pertama yang bisa saya buat, semoga dilain hari bisa berguna dan bisa membantu kawan-kawan utk belajar tentang visual basic, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar